21 - Tips Memenangkan Hati Anak

By feranlestari - January 21, 2020

Oke, sounds bullshit haha. Aku pun bukan tipe orang yang friendly ke semua anak-anak. But in some cases, you will see me as a caring adult. Buktinya Raffa sering nanyain ateu Fera wkwk.

Pertama, lakukan dengan hati. Pastikan kalian emang suka sama anak itu. Kalo emang nggak suka dan hanya cari muka, bye aja deh. Anak-anak itu manusia paling polos yang hanya mendeteksi "oh A ini care, aku seneng bareng dia". Akan kerasa kalo hanya modal beliin ini beliin itu. Mungkin works dalam beberapa kasus. Tapi tidak semua kasus.

Kedua, pahami situasi dan kondisi. Butuh waktu untuk adaptasi sama anak-anak. Baik-baikin lah. Tapi inget, kalau dia nggak mau, jangan dipaksa. Anak juga insecure sama orang yang belum dia kenal. Yang penting buat dia familiar sama keberadaan kita. Kalau udah familiar, baru lanjut ke action berikutnya.

Ketiga, jangan keseringan usil/jahilin anak-anak. Oke, mereka lucu. Tapi anak-anak itu bukan mainan orang dewasa. Jadilah anak-anak dan ikut main sama mereka, bimbing mereka. Intinya, buat waktu bersamamu menjadi waktu yang menyenangkan. Trigger curiosity mereka, support apa yang mereka suka. Anak-anak suka tantangan kok. Diajak bermain suara, baca buku, bercerita, itu cukup bagi mereka.

Keempat, jadilah orang dewasa yang mengayomi. Biarkan anak-anak merasa aman dan nyaman ketika bareng dengan kita. Tapi ini hanya bisa dilakukan kalau orang dewasanya memang peduli sama si anak. Intinya, biarkan anak merasakan kalau kita sayang sama dia. Bentuknya bisa macam-macam lah ya. Jangan baeud sama anak-anak. Jangan lampiaskan marah sama mereka. Sebaliknya, tunjukkan kalau kita adalah sosok yang penyayang dan dependable.

Kelima, jangan kasar sama anak-anak. Bagi orangtua, tentu memang ada waktunya keras sama anak-anak. Tapi, untuk orang lain, even sebagai om/tante, perlakukan mereka dengan lembut. Bahkan ketika mau menegur anak, lakukan dengan baik. Beri pengertian kalau yang dia lakukan itu kurang baik, sekaligus beri solusi sebaiknya seperti apa.

Lima hal di atas yang kupraktekkan kepada ponakan-ponakan balitaku. Cukup efektif, walaupun belum tokcer untuk setiap anak. At least maci fera dan ateu fera terbukti punya kredibilitas yang bisa dipertanggungjawabkan haha.

  • Share:

You Might Also Like

0 comments