12 - Mengagungkan Alquran

By feranlestari - January 14, 2020


Kalian tuh jangan kalah sama orang Nasrani. Mereka itu kalau bawa Bible, dipegang di dada, wujud menghormati kitab sucinya. Masa' kalian bawa Alquran dijinjing sejajar sama pantat!

-- Ibu Aminah (Guru Agama SD Muhammadiyah II)


Kalau se-SD denganku, tentu nggak asing dong dengan Bu Aminah. Btw Bu Aminah ini ngajarnya berkesan banget loh! Dulu ketika diajari Surat Al Zalzalah, strictnya bukan main!

Makhrojnya nggak boleh ada yang salah. Dzal, zain, sin, syin, shod, dho, tho, 'ain, dsb dsb. Setiap huruf harus benar! Di atas rahang, di pipi, di ujung gigi, dari dada, dll dll. Pokoknya baca Quran harus lancar, benar, dan tartil!

Nah, selain membaca dengan benar (karena beda pelafalan makhroj = mengubah makna kalimat dalam bahasa Arab), sudah semestinya Alquran juga diperlakukan dengan baik, seperti yang dikatakan Ibu Aminah.

Kalau kita bawa Alquran, mbok yao, dibawa di depan, atau setidaknya tidak dibawa sejajar dengan bagian bawah tubuh. Kalau naik motor bawa tas berisi Alquran, yaudah deh bismillah aja.

Kalau mau menyimpan Alquran, seyogyanya disimpan di tempat yang tinggi, setidaknya ketika berdiri, posisi Alquran tidak berada sejajar dengan kaki. Lebih baik lagi kalau punya almari khusus menyimpan Alquran dan hadits.

Kalau mau menumpuk buku, hadits, dan Alquran, sudah seharusnya Alquran diletakkan paling atas, kemudia diikuti hadits dan buku. Kalam Allah tentu lebih mulia dari sabda Rasul, terlebih dari kitab karangan manusia.

Yang nggak kalah penting, jangan menjadikan Alquran sebagai alas! Ini pengingat untuk kita semua, termasuk saya. Ngaku aja deh, kalau ngaji nggak bawa buku catatan, tahu-tahu dibagikan hadits lembaran, pada bingung kan tatakannya apa?

Intinya, selalu tempatkan Alquran sebagai hal yang mulia. Muliakan Alquran, dari penyimpanan, pembawaan, terlebih dalam hal pembacaan dan pemaknaan.

Alquran itu mulia, yang menurunkannya Maha Mulia, perantaranya (Malaikat Jibril) mulia, penyebarnya (Nabi Muhammad) mulia, maka jadilah mulia dengan memuliakan Alquran.

  • Share:

You Might Also Like

0 comments