smash - Japan's dream

By feran.lestari - October 18, 2011

Saya ragu ada yang tahu smash itu apa?

Dan, oh, no, jangan mengira smash disini itu adalah 'smash'nya si bisma dkk

No, at all. Saya nggak bakal ngomongin mereka!

Smash itu, komik, manga, atau anime? Yah, yang pasti sih komik.

Sohib saya pada keketawaan denger judulnya. Dikira mereka saya 'ngefans' sama si Smash. Gile, masih keren 2PM kemana-mana, B1A4 juga!

Ya, judulnya smash! Dan saya baru tau, 'tujuan' pembuatan komik itu untuk apa.

'Captain Tsubasa' diciptakan untuk membakar gairah dan semangat bangsa Jepang untuk menjadikannya timnasnya 'wow' di mata dunia, meskipun kata Pak Tata, bahkan jaman heubeul mah, timnas Jepang kalah sama Persija!

Sama halnya dengan 'Captain Tsubasa', saya pikir, pembuatan komik 'Smash' ini juga bertujuan untuk membangkitkan apresiasi masyarakat Jepang terhadap bulutangkis serta membangkitkan semangat para pemain bulutangkis Jepang.

Saya berani jamin, dulu, Jepang nggak ada apa-apanya dibanding Indonesia. Piala Uber sama Thomas aja, yang pernah dapet cuma negara Indonesia, China, Jerman, Malaysia kalo nggak salah. Malaysia juga cuma beberapa kali. Sampe sekarang bahkan, rekor China dapet piala Thomas kalo nggak salah, nggak lebih dari rekor Indonesia dapet piala Thomas.

Jadi, sebenernya Indonesia itu WOW. LADANG PEMAIN HANDAL!

Oke, balik lagi ke komik 'Smash'. Dan, kalau kita mau melihat beberapa tahun terakhir, Jepang 'hampir' sudah membuktikannya.

Kita lihat di All England 2010, Kenichi Tago, pemain muda Jepang, bahkan menembus final! Kurang keren apa? Asal tahu aja, bahkan gengsinya All England itu lebih gede ketimbang Olimpiade!

All England 2011, giliran Eriko Hirose menembus final! Wow. Pemain Indo yang pernah menang All England setelah era-nya Susi Susanti siapa?

Saya pikir, cara Jepang membangkitkan dan menggerakkan masyarakat Jepang untuk mendukung atlet-atletnya dengan cara membuat komik, itu efektif sekali. Kalau di Jepang sih. Kalau di Indonesia, ya kagak tahu, kan karakter masyarakatnya beda, budayanya juga beda.

Jadi, kesimpulan saya, pembuatan komik olahraga di Jepang itu punya maksud tertentu, nggak asal bikin. Dan memang membuahkan hasil.



  • Share:

You Might Also Like

0 comments