anak kabupaten

By feran.lestari - October 10, 2011

Semakin saya tahu, semakin saya merasa bodoh
Semakin saya mengerti, semakin saya merasa tuli
Semakin saya melihat, semakin saya merasa buta
Semakin saya keluar, semakin saya merasa terpuruk

Itulah yang saya rasakan. Dulu saya boleh bilang, "saya anak Bandung". Lebih tepatnya sih Kabupaten Bandung.

Saya bangga dan merasa wow dengan 'titel' itu. SMP, saya masih merasa, kalau Kabupaten toh masih bisa disejajarkan dengan kota-kota lainnya. Saya merasa, tinggal dan sekolah di Kabupaten Bandung, itu masih lebih baik ketimbang di Jawa bagian lain.

Tapi ketika masuk SMA. Saya sadar, betapa 'cupu'nya saya dan kami warga Kabupaten. Betapa 'terbelakang'nya kami. Betapa 'terselubung'nya kami. Betapa ter'isolasi'nya kami.

Andaikan kau datang dari belahan bumi yang sama dengan saya. Tinggal di atas tanah yang sama dengan saya, saya kira kamu akan mengerti apa yang saya rasakan.

Dulu saya merasa beruntung tinggal disini. Memang, hanya saja, saya kurang, atau bahkan tidak menggunakan fasilitas dengan baik.

Setelah lulus SMP. Di kehidupan putih abu, saya sadar, kalau di belahan bumi lain, jauh-jauh lebih banyak bibit unggul dan jauh-jauh lebih banyak anak cerdas nan hi-tech. Dan mereka tidak berasal dari sini. Dari Kabupaten ataupun Kota Bandung.

Saya merasa meaningless. Kemampuan saya dibanding mereka kayaknya NOL BESAR. Saya nggak sepintar mereka, nggak sekeren mereka, nggak sehi-tech mereka. I'm nothing.

Tapi satu yang amat saya syukuri. At least, Allah memberi kesempatan kepada saya, untuk melihat dan memahami, betapa luar biasanya mereka! Betapa indahnya ada ditengah-tengah mereka. Betapa indahnya berbagi dengan mereka. Betapa indahnya bersaing dengan mereka.

Saya sadar, kami hidup bersama untuk berbagi dan bersaing. Meski sebagian kecil yang bisa saingi -berhubung saya levelnya masih ecek2-, saya akan berjuang untuk membuktikan, kalau saya juga bisa!

Kalau saya, seorang perempuan dari Kabupaten Bandung, juga bisa bersaing dengan mereka. Suatu saat nanti, kemampuan saya, akan berbanding seimbang dengan mereka -minimal-.

Ayo berjuang XD Ganbare :D


Regards,

  • Share:

You Might Also Like

0 comments