sepakbola ya?

By feran.lestari - October 18, 2011

Selasa, 11 Oktober 2011

Akhirnya, saya tahu...

Kenapa sepakbola 'kita' bisa dibilang nggak lebih cemerlang dibanding bulutangkis, meski bahkan bulutangkis pun sudah 'merosot'.

Saya hanya melihat satu sisi. Jumlah pemain.

Kemenangan itu berbanding lurus sama kekompakan tim. Kerjasama. Dalam hal ini, satu partai dalam tim bulutangkis dan kesebelasan dalam sepakbola.

Kekompakan tim itu berbanding lurus sama jumlah pemain.

Kalau di badminton, paling banyak itu 4 orang dalam satu lapangan. Berarti 2 orang dalam setim. Untuk menang, maka dua orang ini harus kompak dan jitu dalam menentukan strategi.

Dua orang aja susah ngaturnya. Salah pola, salah strategi di lapangan, semuanya bisa gagal total.

Kalau di sepakbola, paling banyak 22 orang dalam satu lapangan. Berarti satu tim isinya 11 orang.

Kebayang nggak tuh? 11 orang berjuang merebut satu bola demi masukin ke gawang lawan. Berarti harus ngatur 11 orang. Menjaga kekompakan 11 orang dalam jangka waktu 90 menit itu bukan perkara mudah.

Jadi, sebenernya, main sepakbola sama main badminton mungkin lebih susah main sepakbola.

Dan kalau hari ini timnas Indonesia kalah. So what?

Saya nggak berhak untuk marah. At all. I'm not available. I don't have capacity.

Saya akan selalu dukung Indonesia. Saya bukan sok nasionalis. Toh menurut saya, siapapun akan menjadi nasionalis kalau menyangkut pertandingan olahraga antar negara seperti ini.

Keep supporting Indonesian athlete's team :) Wish they luck :) Wish us luck :)


Regards,

  • Share:

You Might Also Like

0 comments