saya rugi

By feran.lestari - October 18, 2011

Senin, 17 Oktober 2011

Ah, saya merasakan ini lagi. Lagi dan lagi.

Orang bilang, saya bagus di matematika. Yah, bagus. Sebenernya sih, biasa aja, da saya suka pelajarannya. Mungkin mereka nggak suka, makanya jadi kayak saya teh bagus. Tapi hari ini, saya merasa bodoh sebodoh-bodohnya. Juga karena pelajaran ini.

Saya bersyukur, seumur-umur di 3, nilai dibawah 80, cuma dua kali. Semuanya di kelas 11 sekali dan di kelas 12 sekali. Saya kesel waktu itu. Gila, saya segobl*k itu sampe remed, yang bahkan orang lain nggak remed. Lebay emang. Yah, berhubung saya perfeksionis, di bidang yang saya gemari, saya menuntut nilai 100, tapi yang datang justru 70 dan 46.

Tapi, setelah dipikir lagi, toh itu adalah salah satu bentuk teguran dari Allah agar saya nggak sombong. Dan, yah, kalau saya mengingat lagi, saya bahkan pernah dapet nilai 0 waktu kelas 2 SD, materi perkalian dua angka dan dua angka, materi jam-jaman juga.

Jadi, kebisaan saya dalam matematika itu juga berangkat dari kebodohan saya bukan?

Saya sadar, saya terlalu jauh terbang saat itu. Pas jatuh, kerasanya sakit, padahal jatohnya juga ga parah-parah amat da.

Dan kali ini, saya diuji lagi. Saya dicoba lagi sama Allah. Diberi peringatan sama Allah. Hari ini, detik ini saya nulis untaian kata ini, saya sadar, betapa ruginya saya.

Dan ironisnya, saya rugi di bidang ini, bidang yang amat saya banggakan dan saya sukai. Lebih ironisnya lagi, saya baru sadar.

Dimulai dengan les SSC di Terate 10 Bandung. Jam setengah 5 pelajaran matematika, sama Bapak Tedy Setiawan.

Dan di akhir pelajaran, seperti biasa, Beliau selalu memberikan 'rumus' baru, pengetahuan baru. Kali ini giliran 'dalil Menelaos'.

Ada anak yang bilang, 'kok nggak ada di buku'. Pak Tedy bilang, 'iya, ini mah nggak ada di SMA, ini mah buat anak OLIMPIADE'

Tau? saya ngerasa kayak abis nolak emas yang ditawarin cuma-cuma buat saya.

Dulu, kelas satu SMA, saya ikut olimpiade Matematika. Cuma sampe ke kota. Dari kota nggak lolos. Saya nggak belajar dari pengalaman.

Kelas dua ikut lagi. Tahun kedua, saya pertama ketemu Teh Arinta, jebolan Olim 2004 Pekanbaru, Riau. Tahun kedua, saya pertama ketemu Pak Tedy. Beliau diminta buat ngelatih kami, supaya bisa sukses olimnya.

Saya tetep nggak belajar. Setelah pertama ketolak olim, saya nggak belajar. Evan, temen saya yang ikut olim fisika, selama setahun sebelum olimpiade tahun 2011, dia belajar terus. Dan, dia sampe ke OSN 2011. Meski nggak dapet OSN-nya.

Saya? Gagal lagi.

Dan saya baru sadar, kalau dulu saya serius menekuni dunia olim, banyak yang bisa saya dapet. Ilmu, bisa nyenengin ortu, dapet temen baru, jalan-jalan juga, nggak serepot ini kelas 3-nya.

Dan yang pasti, saya mestinya tahu dalil Menelaos itu.


Regards,

  • Share:

You Might Also Like

0 comments