oh yeah, jasa-jasamu Habibie :)

By feran.lestari - December 07, 2011

Subhanallah, B.J.Habibie itu keren banget! Sarjana sampe doktoral di Jerman semuanya, predikat summa-cumlaude. Dan catata, di Jerman!

“I have some figures which compare the cost of one kilo of airplane compared to one kilo of rice. One kilo of airplane costs thirty thousand US dollars and one kilo of rice is seven cents. And if you want to pay for your one kilo of high-tech products with a kilo of rice, I don’t think we have enough.”(1998)

“Karena pola pikirnya tersebut, maka saya menganggap beliau sebagai bapak teknologi Indonesia, terlepaskan seberapa besar kesuksesan industri strategis ala Habibie. Karena kita tahu bahwa pada tahun 1992, IMF menginstruksikan kepada Soeharto agar tidak memberikan dana operasi kepada IPTN, sehingga pada saat itu IPTN mulai memasuki kondisi kritis. Hal ini dikarenakan rencana Habibie membuat satelit sendiri (catatan : tahun 1970-an Indonesia merupakan negara terbesar ke-2 pemakaian satelit), pesawat sendiri, serta peralatan militer sendiri. Hal ini didukung dengan 40 0rang tenaga ahli Indonesia yang memiliki pengalaman kerja di perusahaan pembuat satelit Hughes Amerika akan ditarik pulang ke Indonesia untuk mengembangkan industri teknologi tinggi di Indonesia. Jika hal ini terwujud, maka ini akan mengancam industri teknologi Amerika (mengurangi pangsa pasar) sekaligus kekhawatiran kemampuan teknologi tinggi dan militer Indonesia.”

Gila ya, saya benci oposisi jaman awal reformasi yang nolak Habibie mentah-mentah! Nggak tahu apa ya, kita 'hampir' saja sukses bidang teknologi, penyelenggaraan negara, pembangunan dari krisis, andaikan Habibie terus menjabat Presiden. Asal tahu aja, Habibie mah kagak rugi ditinggal Indonesia. Beliau pinternya gileee. Catat ya, Habibie itu adalah orang Asia pertama yang menjadi orang kedua tertinggi di perusahaan penerbangan di Jerman! Kalau ada orang Indo yang bangga sama Li Na, harusnya dia lebih bangga sama Habibie.



  • Share:

You Might Also Like

0 comments