What If ...

By feranlestari - March 11, 2020

Dirimu teh sebenernya nulis buat apa?
Buat mengenal diri sendiri?
Buat ngisi waktu?
Buat mencurahkan perasaan?

Aku mengutarakannya pada seorang teman hari ini. Out of curiosity. Dan pada dasarnya emang lebay aja sih mikirnya :p

Eh tapi tapi,,

malah jadi bahan refleksi untuk diri sendiri juga. Haha.

Why am I writing?

Berujung bertanya pada diri sendiri, what if I don't write? What if I didn't meet Riri? What if I didn't start blogging?

What if(s) yang pada akhirnya membuatku tersadar, aku bersyukur sekolah di 3. Well, sebelumnya aku tidak merasa 3 itu spesial, kecuali karena dia cluster 1. Tidak banyak kenangan indah di dalamnya.

Tapi, kalau tidak sekolah di 3, aku tidak akan bertemu Riri, Mai, Sna, seluruh anak NK3, Cihut, Fella, Rawul. Atau bahkan tidak akan masuk ITB (mungkin). Tidak bertemu Riri, mungkin aku tidak akan merasa wah akan kemampuan menulisnya, diksinya. Tidak akan memulai merangkai kata. Tidak akan bertahan blogging for almost 9 years. I know semua atas kehendak Allah, tapi Riri adalah perantara.

I am grateful to be able writing.

Aku senang menulis. Mengungkapkan apa yang aku rasa dalam kata. Menuangkan emosi yang membuncah menjadi cerita. Mewujudkan energi berlebih menjadi sesuatu yang lebih bermakna.

Menulis adalah terapi. Terapi mengendalikan emosi, sekaligus rekaman perjalanan hidup. Kadang kubaca ulang tulisanku sendiri, sekadar nostalgia dan melihat seberapa jauh aku berubah.

Menulis adalah salah satu cara yang kupilih sebagai sarana aktualisasi diri. Salah satu yang bisa kutinggalkan. Jejak akan eksistensi diri ini. Bukti bahwa aku pernah hidup. Semoga saja platform ini longlast ya haha.

Dan aku bersyukur ada platform blog. Karena aku termasuk malas menulis (secara harfiah menulis dengan pena), dan terlalu malas mendokumentasikan dalam bentuk file, I depend on this platform. Let them handle the data for me.

Aku bersyukur bertemu dunia menulis. Ayahku bahkan juga mengapresiasi blog ini haha.

What if I didn't start writing?

No, I won't think like that anymore. I don't write for people to read me. I am writing to read myself. 

I am writing for myself 😁

#writingchallenge

  • Share:

You Might Also Like

0 comments