Kepercayaan pada Hal Mistis

By feranlestari - June 24, 2018

Sudah menjadi kepercayaan sebagian orang bahwa jika ada orang yang sering sakit-sakitan, sebaiknya yang bersangkutan mengganti nama saja. Sejujurnya, dalam hal ini aku cukup setuju karena nama adalah doa. Jika namanya kurang baik, maka secara tidak langsung keluarga mendoakan tidak baik pada orang tersebut.

Tapi dalam masyarakat Indonesia, masih banyak orang yang percaya pada alasan alasan mistis seperti "ada jin yang suka dengan si A, jadi A sakit sakitan, yasudah A ganti nama saja". Sungguh terlalu.

Bagi masyarakat yang beragama islam, tentulah percaya bahwa di dunia ini manusia dan jin hidup berbarengan. Tetapi manusia dan jin hidup dalam dimensi yang berbeda dan seharusnya tidak saling mencampuri kehidupan satu sama lain. Perihal setan itu menggoda manusia, ya itu lain perkara.

Hal hal mistis seperti jin mengikuti manusia atau manusia melihat suatu penampakan, jujur saja sangat menggelikan. Seluruhnya sungguh tidak masuk akal.

Jika argumen ketidakmasukakalan hal hal mistis itu dibantah dengan argumen bahwa agama pun tidak seluruhnya masuk akal, maka agama pula yang membuat penampakan hal gaib itu tidak lazim.

Meskipun manusia dan jin hidup berbarengan, Allah menciptakan pemisah antara keduanya. Manusia tidak bisa melihat jin, sedangkan jin bisa melihat manusia. Dan menurut seorang ustadz, perkara manusia memasuki alam jin itu bukan hal mudah. Bahkan untuk sekadar melihat wujud jin pun manusia seharusnya tidak kuat, karena penampakan jin seharusnya bukan hal yang wajar dilihat oleh manusia. Maka dari itu, sangat aneh apabila ada acara komersil yang menunjukkan penampakan hal hal gaib.

Barang gaib itu nyata, tapi penampakan barang gaib sehingga mampu dilihat mata telanjang manusia tanpa manusia merasa takut atau tanpa usaha manusia itu seharusnya tidak mungkin terjadi.

Seperti yang telah dicetuskan Tan Malaka, masyarakat perlu diberi ilmu pengetahuan agar tidak melulu percaya pada hal hal mistis. Ilmu pengetahuan akan membuat hidup manusia menjadi lebih beradab sehingga lebih bijaksana menyikapi permasalahan yang muncul dalam kehidupan ini.

  • Share:

You Might Also Like

0 comments