pendidikan yang juga KKN

By feran.lestari - March 17, 2012

Yippiiiiiiiii, US berakhir! Hahaha XD

Saya disini amat bahagia, meski hari terakhir adalah fisika yang suram T.T harapan hanya ada di matematika, kayaknya cuma itu doang yang memenuhi target, sisanya, failed -______-

Sebenernya, ada satu hal yang saya bingungkan.

Kita tahu bahwa dunia pendidikan saat ini sudah dipenuhi KKN. Ambil saja contoh, ketika menjelang UAS, seringkali guru memberi siswa latihan soal. Sekitar 50 soal. Siswa mengerjakan dan menganggap bahwa hal tersebut memang lumrah adanya.

Tapi, tanpa disadari, ketika hari H ujian, soal-soal ujian tersebut ternyata sama persis dengan soal latihan UAS yang telah diberikan sebelumnya. Nah, apakah ini bisa disebut KKN? Jujur, saya bingung.

Dibilang KKN, tapi siswa mengerjakan soal tersebut sendiri -terlepas dengan cara apa dia mengerjakan. Selain itu, siswa juga tidak tahu-menahu perkara soal tersebut akan keluar saat ujian. Meski faktanya, sekarang siswa juga sudah 'ngeh' dengan sendirinya.

Jadi, bukankah secara tidak langsung, guru di sekolah telah mengajarkan kecurangan? Lantas, sebenarnya apa makna fungsi adanya seorang guru? Dulu ada yang menjawab, bahwa guru mengajarkan, dari tidak tahu menjadi tahu, dari tidak mengerti menjadi mengerti, dari tak beradab menjadi beradab.

Melihat faktanya sekarang, apakah fungsi tersebut masih berjalan di jalur yang benar? Saya rasa tidak, meski tidak semua guru melenceng. Dan memang, kini, faktanya tidak hanya guru yang bersalah, tapi juga siswa. Namun, bukankah siswa mengikuti gurunya? Bukankah pengikut akan mengikuti pemimpin? Jadi, dimana letak kearifan seorang guru sebagai manusia terdidik dan manusia dewasa?


  • Share:

You Might Also Like

2 comments

  1. makanya kaya basa sunda...itu satu angkatan punya soal yang sama kayanya hahahahaha tapi jengjeng soal aslinya ga ada yang sama satu pun... kayak "gotcha~! sukurin lo XD"

    *dan saya pun jadi korban*

    ReplyDelete
  2. haha, etpis! :p bagus sebenernya, ibunya lebih cerdik dari kita XP yang parah tuh gamtek, soal+jawaban eta mah. Aku bingung da sebenernya, gamtek mah praktek aja meureun ya? Kenapa juga kudu ada tulisnya, da tiap belajar juga, kita teh praktek -______-

    ReplyDelete