real doctor

By feran.lestari - March 22, 2012

Abis nonton iryu, dan sedang ngefans-ngefansnya sama dunia kedokteran. Yeah, akhirnya saya ngerti kenapa ada orang yang nekat mati-matian demi jadi dokter. Dan, saya acungin jempol banget buat para dokter yang memilih jadi dokter bedah jantung :)

Karena ngomongin tentang jantung, jadinya, pasti di persimpangan. Pilihannya ya dua. Jantungnya terus berdetak. Atau berhenti sama sekali. Sedikit kesalahan, jantung berhenti berdetak, jadi, bagian kardiovarkuler pasti punya beban tersendiri buat dipelajari.

Dan, abis nonton iryu, saya seneng banget liat operasi. Liat gimana para 'real doctor' itu nyelamatin para pasiennya. Even if the patient is almost die. Padahal dokter lain bakal bilang, 'yaudah, biar tunggu tanggalnya aja'. Tapi Asada-sensei dan the best team medical I've ever seen, selalu mencoba yang terbaik.

Asada pernah bilang, bahwa di dunia ini, nggak ada pasien yang nggak layak hidup, dalam artian si pasien bakal ditungguin sampe 'waktunya'.

Abis nonton iryu, saya mikir, apakah suatu saat nanti, bakal ada orang Indonesia yang melakukan operasi batista? Atau bypass surgery? Atau transplantasi jantung? Setahu saya sampai saat ini belum ada.

Jadi, untuk teman-teman semua yang ingin jadi dokter bedah jantung, semoga kalian sukses, diberi kelancaran, dan selamat berusaha 'mengoprek' jantung. If you are the 'real doctor', you'll take a big contribution for our medical record in Indonesia. And of course, you'll 'save' many life. Let's try our best!

Regards,

  • Share:

You Might Also Like

0 comments