ulasan kecil untuk badminton-ku dan Indonesiaku

By feran.lestari - August 23, 2011

Sedih
Kecewa
Kesel
Gendok

Kadang itu yang saya rasakan kalau lagi 'mantau' skor pertandingan badminton.

Sedih. Banget. Kalau ngeliat pemain INA kalah. Padahal keren mainnya, tapi karena emosi, jadi error di poin-poin kritis. Sedih ngeliat 'mereka' yang udah jatuh bangun di lapangan segede gitu, akhirnya kalah dengan skor 20-22 19-21. Tipiiiiiis.

Kecewa. Banget. Kalau ngeliat pemain INA kalah sama non-unggulan. Padahal dianya unggulan. Memang, kita gaboleh liat dari unggulan/non-unggulan. Tapi at least, unggulan/non-unggulan itu seharusnya udah membuktikan kematangan dalam bermain baik skill ataupun mental.

Kesel. Yang satu ini memang saya kelewatan. Padahal mereka udah jatuh bangun, lari sana-sini demi ngejar bola meski ga dapet poin. Tapi saya malah kesel. Emang penggemar yang aneh -__-

Saya memang ga mahir, bahkan gabisa main badminton. Tapi anehnya saya ngefans banget sama olahraga satu ini. Dan catat, yang saya suka : OLAHRAGA-nya, bukan pemainnya. Kalaupun saya suka liat A, B, C main, itu karena skillnya.

Rumit. Kayak benang kusut. Polemik kehidupan badminton di INA. Dari raja, turun kasta jadi pelayan. Syukur-syukur bisa dapet lembur, gaji pokoknya aja udah susah.

Susah juga sih mengatasinya. Saya pernah baca. Infonya :
1. Pemain-pemain INA telat go internasional, jadi telat juga bersaingnya. Di umur yang sama, pemain China, bahkan Thailand, udah bisa juara SS, minimal GP. Pemain INA, challenge aja susah.
2. Sebenarnya, pemain-pemain INA lama dididik di dalam negeri supaya di'godok' dulu. Jadi pas dirasa 'mateng', terus 'dikeluarin', nantinya nggak mengecewakan.

Rumit kan? Ditahan, ntar ketuaan pas keluar. Dilepas, ntar malah malu-maluin.

Ada BL yang bilang, 'pemain INA itu kurang pengalaman'. 'si ini bagus, tapi ga dipanggil2 sama pelatnas'.

Bingung? Saya juga. Solusinya apa ya? Stress kalau dipikirin terus.

Kemungkinan-kemungkinan yang bisa saya pikirkan dengan pengetahuan minim tentang badminton hanya ini doang.
1. Pemain muda dari klub ataupun pelatda, pelatnas, sebaiknya digodok abis-abisan. Bukan waktunya diforsir, tapi diexplore kemampuannya. Diikutin ajang ini itu. Yah, walaupun nggak go internasional, sirnas juga jadi.
2. Pemain muda yang udah masuk pelatnas, terus dilatih yang bener. Nggak perlu sih panggil orang china segala. Saya rasa, pelatih INA/mantan pemain nasional lebih dari cukup dan kompeten untuk mendidik pemain muda. Contoh : saina nehwal, kkk/tbh yang dilatih sama mantan pebulutangkis nasional INA. Asal pemainnya nggak melempem aja.
3. Mental juara pemain terus dipupuk, mulai dari pertama dia latihan, ikut turnamen, sampai dia gantung raket! Supaya mentalnya kuat, nggak takut meski lawan pemain no 1 dunia! Jangan gampang males, gampang melempem.
4. Mantan pemain nasional perlu dilirik juga. Serap ilmunya. Praktekkan di lapangan!
5. Dari atletnya sendiri, juga perlu ditingkatkan motivasinya. Jangan gampang nyerah. Jangan keenakan. Mentang-mentang ini, mentang-mentang itu. Jangan sampe, udah masuk pelatnas, malah jadi nggak berkembang permainannya. Walaupun tetep dapet gaji, tapi kan sayang banget, potensinya ketutup T.T kalau kata Rudi Hartono : atlet yang tentukan prestasi! Allah sih sebenernya. Tapi atlet juga berpengaruh dominan. Kalau atletnya males-malesan, masak mimpi menang All England? Mimpi siang bolong!
6. Atlet harus kuat mental, fisik, jangan takut apapun di lapangan! Jangan dikit-dikit cedera ini, cedera itu. Wajar emang, tapi harus cepet bangkit lagi! Kata Lim Swie King, cedera itu karena gerakannya ga bener. Kalau gerakan ga bener, berarti latihannya ga bener. Jamannya dia -LSK-, atlet itu jarang cedera, karena latihannya bener-bener. Fisiknya dijaga betul. Karena atlet, modal utamanya pasti ya mau gamau fisik. Apalagi jamannya LSK sistem 11-15 yang relatif lebih lama. Berarti lebih nguras tenaga dong?
7. Atlet nggak boleh gampang nyerah. Kalah gapapa, asal jangan keterusan. Di dalam negeri, potensinya abis-abisan dikeluarin. Jangan telat panas kalau tanding. Siapapun lawan, dimanapun tanding, harus siap mental.

Saya merasa kecewa, bukan berarti saya benci sama atlet-atlet, tapi karena saya merasa 'sayang'. Potensinya kurang digali lagi. Saya seneng banget tiap nonton turnamen. Saya merasa bisa bener-bener jadi Indonesian people. Mereka menang, saya senang, mereka kalah, saya sedih sih. Padahal nggak ngaruh juga sama hidup saya :p

Dari awal sampai akhir, semuanya semata-mata 'curhat' dari saya. Saya hanya ingin memberi semangat untuk atlet-atlet INA. Kalo bisa sih ngomong langsung hehehe :p berhubung gabisa, jadi ya saya tulis aja XD


Regards,

  • Share:

You Might Also Like

0 comments