MENUJU OLIMPIADE MATEMATIKA BERSAMA SUJU

By feran.lestari - June 19, 2014


Di kalangan pelajar, olimpiade sains sangat menarik untuk dibahas. Menjuarai olimpiade sains bagi pelajar bersifat prestisius seperti halnya para atlet menjuarai Olimpiade London 2012. Untuk itu, buku panduan olimpiade tentu memiliki daya tarik tersendiri.
Salah satunya adalah buku panduan olimpiade matematika oleh Muslihun dan Suci Zulaikha Hildayani, yang diterbitkan oleh PT Grasindo Jakarta pada 2013 lalu, berjudul ‘SUJU Sukses Juara Olimpiade Matematika SMA/MA Nasional dan Internasional’ yang cukup menarik perhatian, baik dari segi visual maupun konten.
Secara visual, desainer cukup lihai dalam memainkan paduan warna untuk menonjolkan suku kata ‘SUJU’. Seperti diketahui, remaja Indonesia kini tengah digandrungi oleh pesona para penyanyi Korea, salah satunya Super Junior alias Suju. Namun, mengabaikan fenomena tersebut, kata ‘Suju’ dibuat dalam warna merah dengan cover berwarna putih seolah-olah ingin menekankan bahwa pelajar harus berprestasi atas nama Merah Putih Indonesia.
Secara konten, buku setebal 407 halaman tersebut bertujuan untuk membantu para siswa SMA/MA dalam memahami dan menyelesaikan soal-soal olimpiade matematika tingkat nasional maupun internasional.
Buku ini menguraikan sedikit materi dasar dan lanjutan yang penting sebagai bekal mengikuti olimpiade matematika. Materi tersebut dipaparkan secara singkat dan padat tanpa pembuktian yang lengkap sehingga akan cukup menyulitkan para pembaca yang awam mengenai suatu teori matematika tertentu, seperti teori Algoritma Euclide ataupun teori Pigeon Hole Principle. Untuk itu, akan lebih bermanfaat apabila pembaca telah memiliki dasar keilmuan yang cukup mengenai teori matematika sebelum membaca buku ini.
 Selain itu, buku Sukses Juara Olimpiade Matematika ini juga memuat pembahasan berbagai soal yang sering muncul di ajang olimpiade matematika, seperti Olimpiade Sains Nasional (OSN) dan Olimpiade Matematika Internasional (IMO), serta olimpiade matematika internasional lainnya.
Pemahaman matematika amat dipengaruhi oleh cara berpikir. Seringkali pelajar berpikiran bahwa matematika hanya sekedar menghitung. Sejatinya, matematika membentuk pola pikir yang cerdas dan runtut dalam menyelesaikan masalah. Apabila pola pikir yang terbentuk telah sesuai, seluruh soal olimpiade akan mudah diselesaikan.
Untuk itu, dalam menyelesaikan soal-soal olimpiade matematika, diperlukan kemampuan memanipulasi soal-soal yang terlihat sulit menjadi permasalahan yang lebih sederhana. Dalam buku Sukses Juara Olimpiade Matematika ini, solusi soal-soal olimpiade dibuat serunut mungkin, sehingga pembaca dapat mengerti dan mengikuti cara berpikir dari setiap langkah penyelesaian suatu masalah.
Dalam menguraikan penjabaran solusi soal olimpiade, sama dengan buku sejenis lainnya, buku ini menawarkan ide-ide praktis dan cepat dalam menjabarkan penyelesaian suatu masalah dengan tetap mengacu pada teori dan kaidah matematika yang ada.
Satu hal yang menarik dari buku Sukses Juara Olimpiade Matematika ini adalah dimuatnya soal-soal olimpiade matematika di negara Kanada, China, Korea, Amerika, dan Vietnam. Muslihun dan Suci Zulaikha Hildayani tentu cukup cerdik dalam memilih negara-negara acuan tersebut.
Tak banyak orang yang tahu bahwa dalam perhelatan Olimpiade Matematika Internasional (IMO), China bahkan pernah memboyong keseluruhan lima emas yang diperebutkan. Negara-negara seperti Kanada, Amerika dan Korea bahkan hanya mampu meraih penghargaan Honorable Mention, yaitu penghargaan bagi peserta yang mampu menjawab benar satu soal dari keseluruhan berjumlah enam soal.
Dapat dibayangkan betapa sulitnya meraih emas dalam perhelatan olimpiade selevel internasional, yang bahkan menjawab satu soal pun amat dihargai. Sampai saat ini, bahkan Indonesia belum pernah mendapatkan emas sekalipun. Dalam rangka mewujudkan mimpi meraih emas di ajang Olimpiade Matematika Internasional, pelajar perlu memahami secara mendalam teori serta aplikasi matematika dalam kehidupan sehari-hari.
Selain itu, buku ini juga dibuat menggunakan kertas yang lebih kecil dari ukuran B5 sehingga akan mudah untuk dibaca dimanapun, termasuk di angkutan umum. Dengan ukurannya yang cukup kecil serta penjabaran yang to the point, tentu akan menjadikan buku ini sesuai dengan gaya khas para remaja yang cenderung tidak menyukai basa-basi.
Namun, di sisi lain, konsep visual yang diusung kurang dimaksimalkan dalam mengkreasikan buku ini. Konsep warna dalam digunakan untuk memeriahkan buku ini cukup sesuai diterapkan dalam konsep, namun dalam konten, konsep variasi warna tak lagi digunakan melainkan hanya menggunakan warna hitam-putih. Di sisi lain, tanpa konsep warna, penataan konten menjadi kurang berwarna dan kurang menarik.
Namun, secara umum, buku yang lebih menitikberatkan dalam proses problem solving ini sesuai bagi pelajar penggemar matematika yang berminat mengikuti olimpiade, sebab konsep matematika yang diusung dalam olimpiade adalah konsep berpikir matematis yang sesuai untuk menyelesaikan permasalahan sains secara global.
Dengan banyaknya variasi dan jumlah soal yang dijabarkan, buku ini menyediakan bebagai alternatif penyelesaian masalah, sebab suatu masalah dapat diselesaikan dengan berbagai macam cara.
Pada akhirnya, buku ‘SUJU Sukses Juara Olimpiade Matematika SMA/MA Nasional dan Internasional’ ini cocok dijadikan sebagai referensi dalam mempersiapkan diri menghadapi olimpiade matematika.


Daftar Pustaka :
Muslihun dan Suci. 2013. SUJU Sukses Juara Olimpiade Matematika SMA/MA Nasional dan Internasional. Jakarta : PT Grasindo.
Tim SSCIntersolusi. 2011. Olimpiade Matematika SMA. Yogyakarta : Erlangga.

  • Share:

You Might Also Like

0 comments