4 - Jangan Lupa Matikan Lampu ya!

By feranlestari - June 08, 2019

Tema : Random Pages

"Bila kamu meninggalkan ruangan dan tidak ada orang lagi di situ, matikan lampunya."

Di rumah, aku acapkali ditegur ayah atau ibu karena lupa mematikan lampu kamar mandi atau kamar tidur. Atau lupa mematikan keran air ketika keluar kamar mandi. Sebaliknya, di rumah kosan, aku termasuk orang yang kesal jika temanku lupa mematikan lampu kamar mandi. Menurutku itu termasuk pemborosan energi, meski mungkin tak seberapa.

Selain tentang energi, menurutku mematikan lampu ketika meninggalkan ruangan itu adalah salah satu tata krama. Umumnya kamar mandi perlu ditutup agar aromanya tak tersebar keluar. Nah, bagaimana kita membedakan apakah kamar mandi itu tengah digunakan atau sedang kosong, bila lampunya terus menyala 24 jam?

Hal-hal kecil seperti mematikan lampu dan menutup pintu ketika meninggalkan ruangan akan memupuk kebiasaan disiplin, membiasakan hemat energi dan tertib menggunakan barang dan/atau jasa. Selain itu, secara ekonomi pun kebiasaan ini akan mengurangi biaya listrik bulanan, mengingat tarif listrik saat ini cukup mahal.

Kesimpulannya, banyak manfaat dari mematikan lampu ketika meninggalkan ruangan, tentu jika ruangan itu sudah tidak digunakan kembali. Jadi, jangan lupa matikan lampu ya!

  • Share:

You Might Also Like

0 comments