3 - Aku dan Plastik

By feranlestari - June 03, 2019

Tema : The (plastic) World We Live Today

Hampir setiap hari aku membeli makanan di warung nasi Tegal. Dan hampir selalu dibungkus. Tak ayal, sampah plastikku menggunung. Aku bahkan tak perlu repot-repot menyediakan tempat sampah. Cukup aku gantung keresek di gagang pintu. Tunggu semalaman, kemudian esok paginya kubuang keresek berisi sampah tersebut ke tempat sampah depan kosan.

Ya. Itulah aku. Satu di antara milyaran manusia penyumbang sampah plastik. Aku termasuk kepada sekian persen masyarakat yang rutin menyumbang sampah plastik setiap hari.

Sungguh, bukan aku tak mencintai lingkungan. Setidaknya aku masih membuang sampah ke tempat sampah. Tapi amat sulit menghindari menggunakan plastik. Terutama ketika membeli makanan, sebab aku jarang sekali memasak. Mungkin jika aku rajin memasak, permasalahan ini akan mudah terselesaikan, atau setidaknya cukup mengurangi jumlah plastik yang kugunakan.

Meski begitu, saat ini aku masih belajar untuk terus mengurangi jumlah sampah plastik. Tapi aku tidak membeli stainless straw. I prefer using no straw. Aku masih berusaha membawa botol minum ke manapun.

Satu hal yang kusadari belum aku lakukan adalah menggunakan tas ketika berbelanja. Seharusnya aku selalu sedia tas lipat agar saat berbelanja tidak perlu membeli keresek. Suatu hari aku pernah berbelanja di minimarket, dan karena mereka sudah tidak memberikan keresek gratis, akhirnya seluruh belanjaan aku tenteng hingga ke tujuan. Sangat tidak efisien.

Menurutku, ada dua hal yang bisa kita lakukan mengenai plastik ini. Gunakan kembali atau kurangi pemakaian plastik. Silakan pilih salah satunya.

Jika dalam masalah keresek, aku lebih memilih mencoba mengurangi penggunaannya, namun ada juga kasus dimana aku akan menggunakan kembali plastik tersebut. Beberapa kali ketika aku membeli makanan via aplikasi ojek online, aku mendapatkan sendok dan garpu plastik. Untuk benda semacam ini, aku akan memilih menggunakan kembali. Sungguh, aku pun masih terus belajar memraktekkannya.

Semua hal dimulai dari diri sendiri, dan juga bertahap. Ayo sama-sama belajar dan tidak saling menghujat, tapi saling mengingatkan untuk mengurangi penggunaan plastik 😁

  • Share:

You Might Also Like

0 comments