mahasiswa

By feran.lestari - April 08, 2012

Sebenernya rada malu kalo liat di tv ada mahasiswa demo-demo nggak puguh depan Gedung DPR. Pemerintah juga mungkin salah sih, tapi kok ya, itu mahasiswa malah menambah runyam masalah. Dimana letak maha-nya sih mahasiswa kalo gitu?

Ada orang bilang, jadi mahasiswa itu berarti sudah dewasa dan bersiap untuk mengabdi pada masyarakat. Dan entah kenapa, saya merasa ada yang salah dalam pemahaman kita tentang 'pengabdian' itu sendiri. Keadilan itu bukankah tak selalu 'senang'?

Jujur, saya rada kecewa soalnya anggota BEM di perguruan tinggi impian saya juga demo nolak kenaikan BBM. Memang tidak sepenuhnya salah. Tapi bukankah mereka cukup pintar untuk mengerti bagaimana posisi Indonesia saat ini di pasaran dunia?

Hmm, ya, sebenernya sih itu hak mereka mau demo atau tidak. Toh ada kebebasan mengeluarkan pendapat juga. Tapi, apakah mahasiswa itu berpikir bahwa jalan demo itu adalah satu-satunya jalan terbaik untuk menyelesaikan masalah? Kalau gitu, saya jamin, kita masih dijajah sama Jepang sejak 1942 lalu.

Mahasiswa yang mengaku tengah membela 'hak-hak' rakyat kecil, justru membuat rakyat kecil semakin terpuruk dengan membuat masalah semakin panas. Mahasiswa yang mengaku sedang memperjuangkan kesejahteraan rakyat justru membuat rakyat buntung karena merusak sarana-prasarana.

Saya mungkin cuma anak kecil yang tidak tahu menahu tentang peraturan ini-itu, belum mengerti bagaimana rasanya menjadi mahasiswa, tetapi saya merasa bahwa menjadi mahasiswa tidak membuka kesempatan besar untuk berdemo.

Satu-satunya yang bisa saya usulkan, mahasiswa itu, sudahlah, kembali saja ke kelas, belajar yang bener. Demo BBM naik? Usaha dulu sana, supaya bisa bikin alat biar kita bisa ngolah sendiri minyak bumi. Demo tentang koruptor? Belajar dulu sana yang bener biar bisa jadi hakim yang adil.

Kalau mau yang lebih baik, jangan cuma protes. Lihat, analisa, revisi. Bergerak! Jangan cuma nonton. Pengen berubah, tapi bisanya demo doang. Bullshit dong namanya.


  • Share:

You Might Also Like

0 comments