Peluang Tim Indonesia di Thomas Cup 2018

By feranlestari - May 01, 2018

Diambil dari tweet badmintalk :

China: Chen Long - Liu/Zhang - Shi Yuqi - Li/Liu - Lin Dan

Denmark: Viktor - Boe/Mogensen - Antonsen - Conrad/Kolding - Jorgensen

Japan: Momota - Kamura/Sonoda - Nishimoto - Inoue/Kaneko - Sakai

Taiwan: Chou TC - Lee/Lee - Tzu Wei - Chen/Wang - Jen Hao

Kira2 gmn peluang INA?

Jangan lupakan India juga..

Srikanth - Prannoy - Sai Praneeth - Satwik/Shetty - Attri/Reddy

MS3 juga serem nihh..

Inilah analisisku :

Dalam Thomas Cup ini, MD1 alias Minion musti kudu wajib dapet poin. Jadi kita asumsikan mereka selalu menang. Dan bukan tanpa alasan loh, kita ngarep banget sama Minion. Lihat betapa gemilangnya capaian mereka tahun lalu.

Lawan CHN dan DEN, kuncinya jangan sampe MS3.

Lawan CHN, secara statistik, Jonatan sebagai MS2 masih unggul H2H 3-2 dari Shi Yuqi. Pun H2H Ginting vs Chen Long 3-1 sebagai MS1. Jadi kuncinya ambil poin berturut turut MS1-MD1-MS2. Kalau ada yang meleset, please salah satu aja. Karena racikan MD menurutku masih bisa diandalkan. BATC kemaren Indonesia bahkan nurunin 7, atau 8 barangkali, racikan MD baru dan semuanya hampir selalu menang.

Lawan DEN sama ngerinya. MS1 Ginting pernah menang lawan Victor di Sudirman Cup. Semoga terulang. MD1 Minion semoga menang juga. MS2 H2H masih 0-0. MD2 Fajar/Rian pernah menang. Sama kayak lawan CHN, kuncinya ambil MS1-MD1-MS2. Kalo meleset, 1 aja plis sampe MD2. MS3 ngeri bener. Cem ulangan Thomas Cup 2016.

Lawan JPN sama aja ternyata ngerinya. Andaikan Momota sekuat itu (dan memang kenyataannya kuat), asumsikan MS1 kita lepas. MD1 musti banget kudu menang karena MS2, meski Jonatan unggul H2H 4-3 dari Nishimoto, tapi last meet kalah straight game. MD2 bahkan Fajar/Rian kalah H2H 0-4 dari Takuto/Kaneko. Mungkin nurunin Daddies dengan H2H 0-0 atau racikan baru. MS3 Ihsan unggul H2H 1-0 dari Sakai. Firman kebalikan kalah H2H 0-1. Kuncinya ambil poin MD1-MS2-MD2-MS3. MS1 udah rada hopeless intinya.

Lawan Taiwan bisa dibilang yang paling gampang dibanding tiga negara lainnya. Ginting dan Jonatan bahkan unggul H2H 3-1 dan 4-0 dari Chou Tien Chen. MS1-MD1 fix kudu wajib ambil poin. Karena MS2 dan MD2 riskan banget. Wang Tzu Wei bahkan menang mulu dari Lin Dan! Bahkan Jonatan kalah H2H 1-4 dari Wang Tzu Wei. Setidaknya MD2 Fajar/Rian tahan imbang H2H 1-1 dari Wang Chi Lin/Chen Hung Ling. Alhamdulillahnya, last meet menang. MS3 Firman unggul H2H dari Jen Hao Hsu. Ihsan justru kalah H2H 0-1. Kuncinya ambil poin dari MS1-MD1-MD2-MS3.

Lawan IND juga ngeri huhu. Ginting kalah H2H 1-2. MS2 dan MD2 masih 0-0. MS3 ngeri lawannya Praneth. Walaupun H2H Ihsan dan Firman masih 0-0 tetep ngeri. Semoga Ginting lg peak performance. Dan yang H2H 0-0 itu bisa dimenangin Indonesia. Tapi IND nih yang paling banyak akal kalo main beregu. Ada aja yang single main double, jadi ngancurin line up. Semoga Indonesia menang ya.

Overall, aku baru sadar, Indonesia ternyata nggak buruk buruk amat. Recordnya cukup bagus. Asalkan kondisi prima dan konsisten di peak performance, target final, bahkan bawa pulang Thomas Cup itu bukan hal mustahil. Tapi memang perlu disadari bahwa main beregu itu beda dengan individu. Kuncinya ya kompak. Apalagi Jepang yang tambah nggilani kalo main beregu.

  • Share:

You Might Also Like

0 comments